Tuesday, May 19, 2009

Balinese Pavilion 'Bale'
















Bale adalah salah satu ciri khas dari arsitektur Bali, yang bisa dikatagorikan sebagai sebuah tropical design architecture. Merupakan bagian integral dari design arsitektur Bali. Diakui sebagai mahakarya sebuah bangunan yang mencerminkan kesederhanaan, ketulusan dan cita rasa yang tinggi.

Pada mulanya ‘bale’ didirikan di dalam kawasan suci pura, yang digunakan sebagai aktivitas upacara keagamaan. Kemudian ‘bale’ dibangun dalam kawasan Puri Kerajaan. Saat ini ‘bale’ dibangun di banyak tempat oleh berbagai kalangan dengan fungsi yang beragam.

‘Bale’ saat ini tidaklah hanya berupa sebuah bangunan sederhana dengan tiang kayu atau bamboo beratapkan alang-alang. Saat ini fungsi bangunan ‘bale’ sangat beragam, untuk tempat pertemuan, sebagai tempat istirahat, relax atau tidur. Karena strukturnya yang terbuka di semua bagian, sangat cocok dengan cuaca panas di daerah tropis dan sangat cocok untuk budaya orang Bali itu sendiri.

Bale juga sekarang dibangun di kolam renang sebagai tempat berteduh, atau sebagai tempat massage dipinggir sungai atau pantai, atau sebagai tempat untuk jamuan makan dan minum, Bahan bangunan yang dipakai pun sangat beragam, tidak hanya terbatas dari bamboo atau kayu, tetapi juga dari pipa besi dan baja atau struktur beton.

Terlepas dari bentuk, ukuran dan fungsinya, ‘bale’ adalah mahakarya para leluhur dibidang bangunan, dengan menonjolkan kesederhanaan design dan kepolosan material yang digunakannya. Warisan budaya arsitektur Bali yang mendunia. Be Simple and Sincere.

No comments:

Post a Comment